PERSIAPAN PELATIHAN ATLS

UGD Advanced Trauma Live Support (ATLS) merupakan salah satu standar kompetensi internasional  dokter (baik dokter umum maupun dokter spesialis) dalam hal penanganan trauma dan bencana.  Pelatihan ini bukanlah pelatihan yang “biasa” karena menuntut persiapan pengetahuan yang cukup sebelum kursus dilakukan. Materi yang cukup banyak dengan waktu yang begitu singkat. Tebal buku sekitar 4-5 cm ukuran kertas A3 dengan tulisan yang kecil (font 8-9). Bagi dokter yang terbiasa menangani pasien trauma, ATLS bisa dijadikan Quality Control terhadap semua prosedur yang selama ini dilakukan. Ada beberapa persiapan yang mesti dilakukan  sebelum mengikuti pelatihan ini.

  1. Usahakan agar buku panduan sudah ada di tangan anda beberapa hari atau satu minggu sebelum kursus sehingga ada kesempatan untuk membaca materi yang akan dikursuskan.
  2. Baca semua isi buku panduan (kecuali daftar pustaka) beberapa hari sebelum kusrus dimulai. Pada saat kursus instruktur hanya akan memberikan garis-garis besar materi dan melakukan diskusi. Tidak membahas secara detail isi buku kursus. Bila anda “khatam” beberapa kali, itu lebih baik. karena pada saat pre test dan post test banyak pertanyaan pada hal-hal yang detil termasuk angka-angka yang sulit diingat..
  3. Belajar menerjemahkan bahasa Inggeris dengan cepat. Soal pre test dan post dalam bahasa inggeris. Post test dengan 40 soal dikerjakan dalam waktu 45 menit. Pertimbangkan waktu pengerjaan soal dengan waktu untuk menerjemahkansoal. Belum lagi menganalisis soal. Waktu hanya sekitar 1 menit untuk tiap soal. Bila nilai yang kita peroleh dibawah 35, harus mengulang semua kursus di lain kesempatan. SlidePersentasi yang dilakukan oleh instruktur juga dalam bahasa ingeris.So, belajar bahasa inggeris.
  4. Persiapkan fisik dan mental sebelum pelatihan dan selama pelatihan. Jadwal sangat padat dan disiplin. Satu saja mata kuiah yang tidak diikuti, harus mengulang kursus.

Saat saya mengikuti kursus ini, ada 2 orang peserta remedial (mengulang kursus ATLS) karena tidak lulus pada kursus sebelumnya. Setelah post test juga ada 2 orang teman sejawat yang terpaksa harus remedial karena nilai ujian post test dibawah 35. Makanya sebelum kursus, persiapkan diri dengan matang.

Technorati Tags: ,
About these ads

5 Tanggapan

  1. Makasih banyak atas infonya. Kbtln saya sendiri membutuhkan pelatihan ini mengingat saya adalah seorang dokter umum yang bekerja di Unit Gawat Darurat sebuah RS Swasta di Jawa Timur. Dg info anda minimal saya tahu apa yg harus saya lakukan utk bisa memaksimalkan hasil pelatihan ini. Sekali lagi terima kasih atas infonya ya.

  2. t
    thanx dg.sholeh,tlng kabari jika ada pelatihan di surabaya ya

  3. terimakasih atas infonya..
    mau nanya ujiana itu hanya pre test n post test saja atau ada ujian yg lain?
    krn klo acls ada ujian pre dan post test trs juga ada ujian intinya yaitu megacode..
    dan info yg sy terima katana u/ atls sendiri juga ujiana kabarnya susah dan sering byk yg ndak lulus apa itu benar..
    terimakasih atas info nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: