Tethering Galaxy Mini Error

Tethering Wifi Error

Teknologi diciptakan untuk mempermudah urusan manusia. Salah satunya adalah portable hotspot dan tethering wifi. Tethering wifi merupakan salah satu aplikasi yang sudah terintegrasi dengan sistem operasi Android 2.2 (Froyo) atau versi diatasnya. Sejak beberapa bulan ini saya menggunakan fasilitas tethering wifi yang ada pada Samsung Galaxy Mini untuk sharing dan transfer  file antar gadget  pribadi dan koneksi internet di rumah. Fasilitas ini cukup membantu mempermudah pekerjaan dan menghemat biaya. Kebetulan ada 5 perangkat di rumah yang memakai wifi, semua bisa terhubung dan bisa koneksi internet dengan bantuan si Galaxy Mini ini.

Namun sudah seminggu si Galaxy Mini lagi ngadat untuk memancarkan wifi. Awalnya saya pikir, mungkin karena capek atau kehabisan oli sehingga wifi-nya macet. Saya coba cari informasi cara mengatasinya lewat Google, tapi semua cara belum yang berhasil. Mulai dari meng-on-off-kan hape, reboot berulang-ulang dan  setting ulang APN, tapi belum ada yang manjur. Tethering hanya bisa dilakukan bila use packet data di unable. Alhasil hanya bisa untuk file sharing tapi tidak bisa koneksi internet.

Tethering hanya bisa aktif bila used packet data di-unable

Akhirnya saya coba untuk ganti simcard. Awalnya saya pakai kartu halo (pasca bayar) yang digunakan untuk Telkomsel Flash. Kemudian saya ganti dengan kartu simpati, tapi ternyata belum bisa. Ketika saya ganti dengan kartu Tri, tethering wifi lancar jaya, koneksi internet baik. Saya kembalikan pakai kartu halo, tethering error lagi. Hehe.. ternyata masalahnya di simcard. Entah sampai kapan jaringan telkomsel bisa dipakai  lagi untuk tethering wifi. Rencana mau ke Grapari untuk konfirmasi, tapi belum ada kesempatan.

Btw, sepertinya bukan simcard yang bermasalah. Galaxy mini-nya yang punya masalah dengan kartu sim tertentu. Bukan hanya Galaxy Mini, tapi Galaxy Ace ada yang mengalami nasib sama. Kartu Halo Flash bisa tethering wifi dengan menggunakan Mifi. Saya juga mencoba tethering dengan Xperia X10i Gingerbread pakai Simpati lancar-lancar saja.

Jadi untuk solusinya saat ini, coba upgrade OS Galaxy Mini atau Galaxy Ace ke Android 2.3.. Apakah hasilnya masih sama ?? Bagi yang sudah mencobanya, bisa di-share..

 

Related Post :

Mengatasi Tethering Wifi Error Galaxy Mini dengan Telkomsel Flash
Optimasi Android
Rooting Xperia X10i
 

 

61 Tanggapan

  1. wah, sama ni kasus kita gan, . pertama gw kira hapenya yg bermasalah, tapi, setelah gw coba pake kartu IM2 tethernya lancar2 aja.. kira2 masalahnya dimana ya gan? APNnya atau emang telkomsel ga ngijinin kalo 1 krtu d share rame2, hahaha . . kalau uda bisa tlg d share ya ma gw caranya gan, thanks b4

  2. Dear All, saya juga punya kasus yang sama sudah 1 bulan ini memakai kartu telkomsel flash, tethernya error trus , dah di restart berulang-ulang ttp gak bisa kenapa ya? dah ada solusi? sharing doong..mks

  3. Sama juga dengan kasus saya, galaxy mini + kartuhalo. Awalnya tethering cukup lancar, kadang2 aja error dan di restart bisa OK lagi. Sekarang always error, sampe frustasi restartnya. Tadinya saya pikir handsetnya, setelah baca2 comment di google ternyata karena kartuhalo. Apakah Mas Jabir & Mas Abdulgayus sudah dapat solusi dengan Kartuhalo? thanks

    • saya pengguna samsung google Nexus S
      thetering wifi tetap bisa tapi punya teman yg pake galaxy mini ga bisa muncul tulisan kesalahan. . .

  4. Saya pake kartu 3 tapi tetap error. Sempat bisa digunakan tapi sekarang sudah tidak bisa. Mohon bantuannya. Tx

    • Saran saya :
      I. Matikan dulu tethering, trus use packed data disable (uncheck) lalu nyalakan tetheringnya. Kemudian aktifkan kembali use packet data.
      II. Bila blm berhasil, coba restart galaxy mini-nya.
      III. Bila masih gagal lagi, kemungkinan galaxy mini yg bermasalah. Kawan saya yang pake kartu halo ternyata bisa tethering pake galaxy tab. Saat ini saya pake AXIS dan tethering masih lancar jaya.

    • Kalau di galaxy mini sy, saat ini tethering pake Tri masih lancar.

  5. kasus kita sama, istri pake galaxy mini+halo flash. lalu tethering error, saya pikir HPnya yang rusak, saya bawa ke servis center SAMSUNG di jogja, sampai hp di factory reset.

    salah saya saat ambil galaxy mini, saya lupa bawa kartu flash istri, dan galaxy mini saya coba pakai matrix indosat saya, dan normal tetheringnya, tapi begitu sampai dirumah, dan diganti halo flash, error lagi.

    anehnya halo flash saya masukkan ke galaxy 5 saya, lancar jaya tidak masalah, jadi memang ada ayng aneh di android galaxy mini.

  6. saya juga pengguna galaxy mini + simpati.. utk melakukan tethering portable hotspot juga tdk bisa, memunculkan tulisan error pada mobile AP nya..
    benar seperti apa yg di katakan mas jabir, kalau packet data nya di matikan maka tethering portable hotspot dapat menyala tanpa error (tp ga bisa browsing) nah pada saat saya nyalakan kembali packet data nya, tethering portable hotspot nya langsung error lg..
    saya coba 3x hasil nya sama semua..

    • Saya sudah sampe capek nyobain tethering kartu halo+galaxy mini, akhirnya sampe pada keputusan solusinya cuma 2 :
      1. Kalo mau tethering pake Galaxy Mini : ganti kartu dengan provider diluar telkomsel.
      2. Kalo mau tetap internetan dengan Telkomsel : beli aja modem mifi atau modem usb + router wifi 🙂

  7. Saya pakai Samsung Galaxy S. Problemnya sama, sejak pertengahan Oktober ini nggak bisa buat wifi. Kelihatannya memang ada sesuatu dengan setting dari Telkomselnya.
    Saya coba pakai XL, lancar kok.

    Salam,
    Poer.

  8. biasanya sih kalau tethering galaxy mini saya mulai eror, saya restart lagi handsetnya.. langsung balik normal.

  9. ketemu juga akhirnya jawabannya,, ternyata sim card nya, tahu gini tadi mending pakek sim three aja, udah harganya 50k 14 hari lagi,,

  10. Pake telkomsel???? Kasian deh lo…

  11. sama gan….sebulan ini saya ‘cuti’kan kartu halo telkomel flash di samsung galaxy ace saya, pas saya pakai lag hari inii, nggak bisa jalan mobile ap-nya, error..ternyata sim card-nya ya gan…pake tri aja ah….thanks sharing-nya gan. kalau telkomselnya sudah bisa mobile ap lagi share ya gan…nuhun…

    • Okey… kalau nemu duluan caranya, mohon infonya ya..
      Matur Suwun…

    • akhirnya Samsung Galaxy Ace saya bisa lagi dipakai untuk tethering mobile ap memakai sim card-nya telkomsel (flash). saya upgrade firmwarenya pakai android gingerbread v2.3.4 dan sekarang working well…..so, ternyata masalahnya ada di firmware froyo….

      • Thanks sharingnya… Semoga yg lain bis mengikuti..

      • setelah upgrade ke android 2.3.4, skr teethering hotspotnya lancar. Tx guys dah sharing..really helpful

      • Thanks & benar sekali …, saya pengguna Samsung Galaxy S I9003 juga mengalami hal yang sama, setelah saya upgrade ke gingerbread v2.3.4 melalui samsung Kies, no Telkomsel saya bisa berjalan dengan lancar Tetheringnya, namun ada sedikit yang terasa agak berkurang yakni di kualitas bass audio music yang mana saya pakai aplikasi winamp Pro untuk menutupinya.

  12. Gan..gak cuma di telkomsel…tp.galaxy mini+ XL jg kena…dah hampir.2 minggu repot utak atik neh hp…untung baca info agan..jd tw apa mslhnya…info nya bgs agan agan sekalian…terima kasih…

    • Hmm begitu ya….
      Sampai saat ini sy pake kartu Tri masih lancar, kemarin nyoba Axis juga mash bisa..
      Thanks sdh singgah 🙂

    • Sama, Gan.. Galaxy Mini + XL gw juga kena. Udah dapet cara solve nya ga?

      • Sepertinya Galaxy Mini bermasalah dgn kartu sim. Sy tethering pake Simpati di Xperia X10i 2.3 lancar2 sj.

      • Dahulu tethering galaxy mini + XL sih ga ada masalah. Sy juga ga sadar, suatu waktu saya coba, lalu gagal terus.
        Jika Packet data dimatikan, maka tethering nya jalan. Jika sewaktu tethering aktir, packet data diaktifkan, maka tethering nya selalu jadi error.

    • Saya juga mengalami hal yang sama, mini + xl = tidak bisa tethering.
      terakhir koneksinya bisa ditether itu jumat 18 nov 2011. Esok harinya udah wassalam.
      Coba pakai kartu simpati, three, dan matrix, tidak masalah.

  13. sama kasus gan gw pke galaxy fit+xl alhasil error terus
    ada apa ya dengan operator indonesia ???????????????????

  14. gan saya pake xl juga eror gan..
    ge mn ne gan ad cara ga???

  15. Akhirnya saya upgrade froyo galaxy mini ke Gingerbread, lalu tethering nya berjalan normal. Ikutin saja step-step di
    http://hendrasis.blogspot.com/2011/09/upgrade-gingerbread-234-versi-asia.html

  16. samsung galaxy y + telkomsel oke

  17. Iya nh ku jg pke galaxy fitn telkom flash
    Awal2 c ok tetheringnya
    Tp bulan2 ne ga bisa lg bwt tethering.
    Kl pke profider laen ok2 ja
    Blm tau knp.
    Bertahan pke telkomsel cm krn kecepatanya yg mpe 2Mbps

  18. Permasalahan sama tethering hotspot error…saya pakai kartu XL, awalnya seh tidak masalah dengan tethering hotspot tapi udah 2 minggu ini Galaxy mini saya gk bisa utk tethering hotspot.

    • udah di root blom…
      jika punya enta dah root tgl unduh app dimarket hotspot tether. ..toh sm saja dgn bawaan asli mini..praktis kan..

      gua jg pke xl dah sbln gak bs2 kacau xl….
      jd gunkan app tambahan tsb jaln satu2nya…

  19. Saya pemakai fit
    jg dgn provider telkomselthetering usb maupu.nHotspot berrmasalah tp kl profider laen ok ok saja
    Blm tau pasti apa yg ga beres krn walnya baik2 saja.
    Terus os nya saya upgrade ke gingerbread hasilnya ok

  20. udah di root blom…
    jika punya ente dah root tgl unduh app dimarket hotspot tether. ..toh sm saja dgn bawaan asli mini..praktis kan..

    gua jg pke xl dah sbln gak bs2 kacau xl….
    jd gunkan app tambahan tsb jaln satu2nya…

  21. Kasus yang sama, tapi setelah saya upgrade os nya dan hasilnya ok bgt…………..

  22. *#*#526#*#*
    coba pake ini gan..
    kyk ngecek pulsa gtu…
    insyallah bisa..

  23. Bukan kartu halo aja tapi telkomsel emang ga bisa. Mereka sudah update patch, karena untuk yang tau triknya galaxy mini + froyo = internet true unlimited.

  24. Sm kyk ane gan… Cm ane pke galaxy y dan sim card axis…. error jg gan….

  25. ternyata bukan saya saja yg mengalami hal inii

  26. gw pake simpatol, kemaren2 mah bisa buat tethering.. sekarang ga mau konek cuy, masalahnya gw lupa caranya.. buahahah..

  27. saya pake axis jg gak bisa ni bos

  28. untuk axis, gw pake proxy di browser 10.8.3.8 port 8080, jadi bisa…. tadi nya ngga bisa browsing…. aneh juga….

  29. buat yg belum ketemu solusinya ane juga sama udehh gonta ganti kartu tetep nihil hasilnya caranya gampang ko sob upgrate ke Gingerbread pazti selesai mau pake kartu ap aj gakk ad masalah…

  30. salah satu cara x supaya bisa. upgrade os android x ke jb. pasti bisa ke semua operator. ni saya bisa pke kartu telkomsel buat berbagi internet untuk main pb. gk lelet lg

Tinggalkan komentar